Enterpreneurship Dihubungkan Dengan IT, Bahan PA Permata 10 - 16 Maret 2019


"Enterpreneurship Dihubungkan Dengan IT" 

Nats    : Kejadian 1 : 27, 2:15-20
Kejadian 1 : 27
27. Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. 

Kejadian 2 : 15 - 20
15. Tuhan Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.
16. Lalu Tuhan Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,
17. tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.”
18. Tuhan Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”
19. Lalu Tuhan Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.
20. Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.

Tema : Bekerja dengan Kreatif
Agar PERMATA GBKP: 
  1. Agar PERMATA GBKP menyadari bahwa dalam dirinya ada daya kreatif. 
  2. PERMATA GBKP mampumengambil peluang dengan penggunaan IT dalam berwirausaha secara kreatif.
Metode: Sharing dan Inventarisir (Daya Kreatif) 

I. PENDAHULUAN 
Siapa kita yang tidak pernah terhubung dengan internet? Siapa PERMATA GBKP yang tidak memiliki akun facebook? Kita sudah biasa menggunakan jaringan internet dengan berfacebook. Zaman ini disebut Era Informasi. Siapa yang lebih dulu mendapatkan dan memanfaatkan informasi, maka ia akan lebih cepat melampaui yang lain. Apa yang menjadi minat dalam bekerja? Teman-teman PERMATA GBKP berkembang melalui minat yang dimiliki dengan memanfaatkan internet. PERMATA GBKP sangat minat menjadi petani. Tentu bisa belajar bercocok tanam melalui internet. Bisa melakukan pertanian dengan cara yang berbeda. Bagaimana petani-petani di Jawa atau bahkan di luar negeri mengelola pertaniannya bisa dilihat dan dipelajari melalui internet. Kalau informasi yang didapat dalam bahasa asing, ada google translate yang bisa menterjemahkannya ke Bahasa Indonesia.

Ada PERMATA GBKP yang suka dengan peternakan. Teman-ternan bisa belajar beternak dengan metode yang berbeda melalui internet. Cari video-video pengelolaan ternak dan juga pakan ternak yang sangat banyak di internet. Kadang bentuk tutorial juga bisa dalam bentuk Video yang bisa ditonton.

Buat yang hobby masak-masak, banyak sekali video membuat masakan yang bisa ditiru di internet. Kalau ada bahan-bahan masakan atau bibit pertanian atau pakan ternak yang sulit ditemukan disekitar kita, maka belanja online bisa dilakukan dari internet. Mengolah kopi, mengolah cokelat, membuat berbagai pengolahan makanan yang bahan bakunya banyak disekitar kita, bisa dipelajari melalui internet. Yang penting semangat, serius dan tekun. Jangan sekali gagal langsung mundur. Coba lagi, coba lagi, maka keberhasilan akan menunggu.

II. ISI
Nas bacaan PA kita hari ini diambil dari kitab Kejadian 1:27, 2:15-20. Ayat ini sungguh membawa kita ke titik awal siapa manusia. Kita adalah ciptaan Tuhan yang mulia yang memiliki derajat lebih tinggi dari ciptaan Tuhan yang lainnya. Segambar dan serupa dengan Allah, itulah manusia ( Kej. 1:27 ). Allah yang adalah Pencipta, menjadikan manusia supaya mampu memelihara taman Eden. Tugas Adam yang pertama adalah memberi nama semua binatang yang sudah Tuhan ciptakan ( Kej 2:19-20 ). Allah Pencipta, menjadikan yang tidak ada menjadi ada. Manusia diberikan daya kreatifitas untuk mengelola, yaitu menjadikan dari yang ada menjadi ada.

Semua kita PERMATA GBKP adalah manusia yang segambar dan serupa dengan Allah. Kita tidak memungkiri, bahwa dosa membuat gambar dan rupa Allah rusak dalam diri manusia. Perlu kita selalu ingat bahwa gambar dan rupa Allah itu rusak bukan hilang. Pengorbanan Kristus di kayu salib sudah menyelamatkan kita. Sehingga dalam Kristus proses pemulihan gambar dan rupa Allah akan berlangsung dalam hidup kita. Sehingga sampai akhirnya kita serupa dengan Kristus.

Bagaimana kondisi PERMATA GBKP saat ini. Apakah kita merasa diri kita tidak bisa berbuat apa-apa. Merasa tidak kreatif. Merasa tidak sepintar orang lain. Mungkin kita tidak puas dengan pekerjaan kita. Pandanglah Kristus. Ingatlah bahwa dalam diri kita, ada gambar dan rupa Allah. Bukankah kita menyadari bahwa kitaadalah ciptaan yang paling mulia? Seharusnya membuat kita tidak malas, tetapi mau belajar dan rajin bekerja. Firman Tuhan mengatakan dalam Yakobus 1:5 "tetapi apabila dl antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan membanakit-hannkit maka hal itu akan diberikan kepadanya".

Kita diajak bukan hanya rajin belajar dan bekerja. Kita juga bisa meminta kepada Tuhan apa yang kita perlukan. Kita bisa meminta hikmat kepada Tuhan. Kalau kita merasa kurang kreatif, mintalah kepada Tuhan kreatifitas. Minta kepada Tuhan supaya kita rajin. Setelah berdoa, ayo semangat kita melawan kemalasan, melawan kepalsuan, melawan ketidak jujuran. Kita lawan dosa bersama Tuhan. Minta hikmat kepada Tuhan supaya kita bisa memanfaatkan dunia internet untuk kebaikan kehidupan kita. Karena Tuhan sangat menginginkan kita lebih berhikmat dan lebih kreatif dari diri kita saat

III. APLIKASI 
Sebagai orang muda, kita tidak perlu menjauh dari kemajuan teknologi informasi (internet). Sudah seharusnya kita ikut masuk ke dalamnya. Ikut ambil bagian dalam perubahan ini. Yang masih mahasiswa, lengkapi diri dengan kemampuan teknologi informasi. Maka ini akan sangat mendukung dalam mendapatkan pekerjaan yang baik. Yang sudah bekerja juga tetap semangat mengembangkan diri. Yang mau memiliki usaha sendiri (wirausaha), teknologi internet memberikan peluang yang sangat besar.

Untuk transaksi keuangan (perbankan) melalui internet juga sudah lama berlangsung. Kita tidak perlu datang ke Bank dan antri untuk mengirim uang atau melakukan pembayaran. Transaksi perbankan bisa dilakukan melalui internet (kecuali menabung dan tarik tunai). Hal ini yang semakin mendorong kemajuan perdagangan online.

Tidak sedikit ibu-ibu rumah tangga yang melakukan perdagangan online saat ini. Mereka mempromosikan barang dagangan melalui facebook. Mereka melakukan pengiriman barang setelah uang diterima. Kita bisa melakukan transaksi online ini darimana saja dan kapan saja.

Kalau saat ini kita adalah seorang mahasiswa, tidak ada salahnya mengambil peluang usaha melalui internet. Kalau kita seorang karyawan, kita bisa membuat usaha sampingan melalui internet. Kita bisa jualan melalui internet. Kita bisa mempromosikan sesuatu melalui internet. Kita bisa belanja melalui internet. Kita bisa belajar melalui internet.

Banyak peluang yang diberikan dunia internet saat ini. Buka mata dan mulai melangkah. Langkah 1000 mil akan dimulai dengan langkah pertama saat ini. Percayalah begitu kita masuk ke dalam dunia internet dan mengambil satu peluang saja, maka akan terbuka semakin banyak peluang yang dapat kita lihat dan ambil. Ayo PERMATA GBKP tetap semangat memulai usaha dengan memanfaatkan internet secara kreatif.

IV. SHARING DAN INVENTARISIR (DAYA KREATIF) 
  1. Masing-masing PERMATA GBKP menceritakan sudah sejauh mana kita menggunakan teknologi informasi. Terkhusus dalam pekerjaan atau usaha yang kita lakukan!
  2. Coba kita daftarkan apa saja hobby yang kita miliki yang mungkin bisa kita kembangkan dengan internet, sehingga hobby tersebut bisa berkembang menjadi usaha yang menghasilkan uang!
  3. Praktekkan minimal satu dalam pemanfaatan internet (hal positif) yang selama ini belum pernah kita lakukan, yang berhubungan dengan pekerjaan atau hobby! 

V. USULAN LAGU
  1. Bagaikan Bejana Siap Dibentuk    ( Klik Judul Lagu Untuk Melihat Lirik )
  2. KEE 255 ( Talenta )                       ( Klik Judul Lagu Untuk Melihat Lirik )
  3. KEE 256 ( Njala Entah Rani )       ( Klik Judul Lagu Untuk Melihat Lirik )

"Perjalanan seribu mil selalu dimulai dengan langkah pertama" 
China kuno


Nomi Sinulingga

Belum ada Komentar untuk "Enterpreneurship Dihubungkan Dengan IT, Bahan PA Permata 10 - 16 Maret 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel