Permata GBKP Menghargai Hidup ( Bahan PA Permata 22 - 28 September 2019 )


Jam Doa Permata GBKP
"Permata GBKP Menghargai Hidup"

I. Penjelasan dan Persiapan lbadah :
- Lakukan persiapan dengan mempelajari alur liturgi, mempersiapkan beberapa tim ibadah, pemandu ibadah/doa (sangat baik jika dilayani Pendeta, Vikaris, Detaser atau Pt/Dk), pemandu nyanyian dan pemain musik.
- Mempersiapkan ruang ibadah yang ditata, lebih baik duduk di tikar agar posisi badan lebih rileks. Mendekor ruangan dengan pencahayaan meletakkan simbo salib / gambar Tuhan Yesus dan Alkitab yang terbuka.

II. Pengantar 
Irama hidup manusia pada umumnya sudah terlanjur mengakar kuat dalam jiwa dan sudah terlanjur menjadi standar bahwa hidup itu harus sesuai dengan tuntutan zaman, apalagi zaman modern saat ini dengan perkembangan teknologi yang semakin maju membuat manusia tanpa disadari telah terikat dengan tuntutan zaman, sehingga tanpa terasa juga ada begitu banyak keinginan yang terus mengerogoti hati dan pikiran manusia.Keinginan biasanya selalu berkaitan dengan kebutuhan jasmani, seperti deposito, barang bermerk, kekuasaan, kehormatan, dan lain sebagainya sudah menjadi faktor utama yang harus diperjuangkan mati-matian supaya bisa tercapai dan apabila keinginan seseorang sudah tercapai maka ia akan merasa derajat hidupnya semakin meningkat.Gaya hidup modern saat ini membuat ada begitu banyak orang tanpa terasa sudah terbelenggu oleh keinginannya, bahkan keinginan itu telah dianggap sebagi sesuatu yang wajar karena mereka beranggapan bahwa "kita kan masih hidup didunia".

Pertanyaan penting yang harus dijawab dengan jujur oleh kita adalah, hanya untuk itukah manusia hidup? dan sejauh mana kita menghargai hidup kita.

Mari kita siap kan hati dan pikiran kita, untuk berefleksi dan setiap doa doa yang akan kita naik kan.

1. Bernyanyi KEE 479: Sembah Man BanNdu Yesus Kristus 2x 
Sembah rnan BanNdu Yesus Kristus Haleluya, Haleluya
Sembah man banNdu Yesus Kristus Haleluya, Haleluya
Pujin man BanNdu Yesus Kristus Pujin man banNdu Haleluya
Sembah man BanNdu Yesus Kristus Haleluya, Haleluya..

2. Doa Penyembahan dan pujian Atas Keagungan dan Kebesaran Allah

3. Bernyanyi KEE 477: Demi Pusuhku O Tuhan (i ulih-ilihi)
Demi pusuhku O Tuhan alu dameNdu Kuasailah o Tuhan Haleluya

4. Pembacaan Firman Efesus 2: 10 "Karena kita buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau supaya kita hidup di dalamnya. 
Bernyanyi : Berharga di MataMu 
Bagai tanah liat dalam tanganMu
Kau jadikan bejana yang indah
Demikian aku dalam tanganMu
Ku sungguh berharga di mataMu
    Engkaulah Tuhan.. Kaulah penjunan
    Kau memilihku dan membentukku
    Kau buatku hidup di hadapanMu
   Tuk nyatakan kemuliaanMu

5. Perenungan Pribadi (Realitas Dosa) 
Saudara-saudari yang terkasih, setiap hari Tuhan memberikan nafas kehidupan bagi kita. Hari lepas hari berganti bulan, bulan lepas bulan berganti Tahun tapi Dia selalu ada. Dia ada dalam segala musim kehidupan kita. Sering sekali kita kurang mensyukuri hidup yang Tuhan berikan karena kita membuat standart-standart dunia. Kita kurang menghargai hidup yang Tuhan anugrahkan bagi kita. Di dalam keluarga, Kehadiran orang tua yang berjuang mati-matian demi masa depan kita justru kita tuntut dengan begitu banyak keluhan memenuhi apa yang kita inginkan. Kita tidak menghargai orangtua kita. Kita kurang mengharagi waktu yang Tuhan berikan bagi kita, kita mengisinya dengan keluh kesah, dengan mencari kesenangan dunia, menghabiskan waktu bukan untuk belajar dan berkarya tapi melakukan sesuatu yang bisa rnenyenangkan hati kita sekalipun itu tidak berguna. Kita kurang menghargai orang lain, kita sering merendahkan orang lain, menghina teman kita, mengejek mereka, bahkan membicarakan kekurangan rnereka yang menimbulkan kebencian. Mereka adalah ciptaan tuhan yang berharga. Tuhan menghendaki kita saling mengasihi tapi sering kali kita isi dengan saling memusuhi.

Bahkan kita kurang menghargai hidup kita sebagai PERMATA GBKP. Banyak pemuda-pemudi gereja yang merasa dirinya tidak berharga di hadapan Tuhan sehingga mengisinya dengan harga yang ditawarkan dunia. Mengisi masa muda dengan mengkonsumsi narkoba, melakukan seks bebas karena menganggap tubuh nya adalah milik pribadi bukan milik Tuhan, menjadikan hidp menjadi budak dosa minum minuman keras, diskotik, balap liar, begadang sampai pagi tanpa tujuan jelas, mengahabiskan waktu istirahat dengan sosial media hingga akhirnya banyak yang sakit secara fisik, sakit secara mental bahkan kecanduan yang mendatangkan penderitaan bagi kita. Saudaraku marilah kita mengakui kesalahan dan dosa kita selama ini, yang kurang bersyukur atas berkat Tuhan, kurang menghargai orangblain dan kurang menghargai hidup kita.

Bernyanyi : KEE 362:1-2 "AlemiNdu aku bas dosaku
AlemiNdu aku bas dosangku AlemiNdu aku bas lepakku
O Tuhan sasap min o Yesus sasap min
Alemi dosangku
    Silapayo dem ibas geluhku ngaku aku banNdu o Yesusku
    O tuhan sasap min, o Yesus sasap min
    Alemi dosangku.....

6. Doa Pemulihan Firman Allah berkata : Karena kita buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau supaya kita hidup di dalarnnya. Mengingatkan kita adalah orang yang berharga. Tuhan yang luar biasa adalah Allah yang menciptakan kita dan menempatkan kita di bulni ini, Kita buatan Allah, yang diciptakan untuk melakukan pekerjaan baik. Sekalipun kita merasa hidup ini penuh kekurangan tapi hidup kita adalah berharga, buatan Allah yang dirancang dengan kasihNya. Allah ingin agar kita melakukan pekerjaan baik, membawa kebaikan bagi semua orang. Allah ingin agar kehadiran kita menjadi kehadiran Allah bagi orang lain, bagi sesama kita bagi segala ciptaan Tuhan.

Bernyanyi : Hidupmu berharga bagi Allah
Tiada yang tak berkenan dihadapanNya
Dia ciptakan kau s'turut gambarNya
Sungguh terlalu indah kau bagi Dia
   Dia berikan kasihNya bagi kita
   Dia t'lah relakan segala-gala Nya
   Dia disalib `tuk tebus dosa kita
   Karena hidupmu sangatlah berharga
Buluh yang terkulai takkan dipatahkannya
Dia `kan jadikan indah sungguh lebih berharga
Sumbu yang t'lah pudar tak kan di padamkanNya
Dia `kan jadikan terang untuk kemuliaanNya.

• PERMATA GBKP yang dikasihi Tuhan marilah kita mendoakan semua Permata GBKP agar tetap menyadari identitas diri sebagai seorang yang diciptakan Allah, seorang yang berasal dari Allah dan buatan Allah untuk menyatakan kehendaknya,
Solo
Hidupmu berharga bagi Allah 
Tiada yang tak berkenan dihadapanNya 
Dia ciptakan kau s'turut gambarNya 
Sungguh terlalu indah kau bagi Dia 

• PERMATA GBKP yang dikasihi Tuhan marilah kita mendoakan orang-orang yang kurang menghargai hidup orang lain, pelaku kejahatan, penindasan, penganiayaan, pemerkosaan, perusak lingkungan hidup agar menyadari segala dosa dan kejahatan dan berbalik kepada Tuhan
Solo
Dia berikan kasihNya bagi kita 
Dia t'lah relakan segala-gala Nya 
Dia disalib 'tuk tebus dosa kita 
Karena hidupmu sangatlah berharga

• PERMATA GBKP marilah kita mendoakan orang-orang yang menjadi korban kekerasan, yang putus asa dan telah hilang harapan,orang yang telah candu barkoba, mengidap penyakit HIV / AIDS. Solo
Buluh yang terkulai tak kan dipatahkannya 
Dia 'kan jadikan indah sungguh lebih berharga 
Sumbu yang t'lah pudar tak kan di padamkanNya 
Dia 'kan jadikan terang untuk kemuliaanNya.

7. Persembahan : Roma 12:1b-2 " Persembahkanlah tubuhmu sebagai persembahan yang hidup , yang kudus yang berkenan di hadapan Allah; itu adalah ibadahMu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah; apa yang baik yang berkenan kepada AIlah dan yang sempurna.

8. Bernyanyi : Hidup ini adalah kesempatan 
Hidup ini adalah kesempatan
Hidup ini untuk melayani Tuhan
Jangan sia-siakan waktu yang Tuhan beri
Hidup ini harus jadi berkat
O Tuhan pakailah hidupku
Selagi aku masih kuat
Bila saatnya nanti kutak berdaya lagi
hidup ini sudah jadi berkat

9. Doa persembahan, syafaat dan doa Bapa Kami 

10. Bernyanyi: T'rimakasih Tuhan
Untuk kasih setiaMu Yang kualami dalam hidupku
Trimakasih Yesus untuk kebaikanMu
Sepanjang hidupku T'rimakasih Yesusku
Buat anaugrah yang Kau b'ri
S'bab hari ini Tuhan adakan syukur bagiMu

Pdt. Revi Dewita Br Tarigan S.Th



Belum ada Komentar untuk "Permata GBKP Menghargai Hidup ( Bahan PA Permata 22 - 28 September 2019 )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel