Sikap Terhadap Orang Miskin Dan Orang Kaya - Pendalaman Alkitab


Pendalaman Alkitab - Sikap Terhadap Orang Miskin Dan Orang Kaya.

Ayat Alkitab : Amsal 22:16
16. Orang yang menindas orang lemah untuk menguntungkan diri
atau memberi hadiah kepada orang kaya, hanya merugikan diri saja.
Pokok Bahasan.
Sikap terhadap orang miskin dan orang kaya. Ayat ini berfungsi sebagai penutup pengajaran mengenai harta kekayaan. Orang yang menindas orang lemah untuk menguntungkan diri (ay 16a). Ayat ini tidak menyebut suap, tetapi implikasinya jelas. Memberi suap atau hadiah adalah tindakan yang dicela. Alkitab sering mencela penindasan terhadap orang miskin, tetapi memberi bagi orang miskin dianjurkan (Ams 28:27).

Risnawaty Sinulingga mengatakan, "Ini adalah orang kava, vang demi beroleh kekayaan bagi dirinya sendiri menggunakan kekuasaannya untuk menekan orang miskin (Ams 10:2; 21:6)." Mereka tidak beramal kepada orang miskin, tetapi justru menahan harta mereka dari orang miskin. Sebaliknya malahan mereka memberi hadiah kepada orang kaya, hanya merugikan diri saja (ay 16b). Orang miskin yang justru membutuhkan pemberian, dan bukan orang kaya. Orang ini memberi kepada orang kaya bukan dengan ketulusan hati, tetapi untuk mengambil muka atau demi kepentingan lainnya (Ams 17:8; 18:16).

Kemungkinan lain adalah orang ini memberikan pemberian yang sebenarnya tidak perlu karena ia memberi kepada orang kaya padahal ia sendiri masih hidup berkekurangan (Ams 14:31; 19:17; 28:3). Banyak orang menjadi miskin gara-gara bersikap murah hati dengan cara yang bodoh. Keduanya tidak akan menambah hartanya, tetapi justru merugikan diri sendiri. Jadilah murah hati dengan cara yang bijaksana. Kristus menyuruh kita mengundang orang miskin (Luk 14:12-13).

Aplikasi: Siapa pun manusia, baik kaya maupun miskin, diciptakan oleh Tuhan. Janganlah kita menindas orang miskin dan menjilat kepada orang kaya.

Mutiara Kata Hari Ini
Saya lebih suka berjalan bersama teman di kegelapan daripada berjalan sendirian di dalam terang.
Helen Keller

DOA SYAFAAT : PARA PELAJAR DI DAERAH-DAERAH TERPENCIL
  1. Doakan para pelajar yang berdomisili di daerah pcdalaman, yang selalu berjuang menghadapi berbagai macam rintangan untuk menempuh perjalanan menuju sekolah yang sangat jauh dari tempat tinggal mereka. Kiranya mereka tetap bersemangat. 
  2. Doakan agar mereka selalu diberikan kekuatan serta perlindungan oleh Tuhan, sehingga usaha mereka untuk menuntut ilmu tidaklah sia-sia.
  3. Doakan juga untuk pemerintah Indonesia supaya segera membangun sarana dan prasarana pendidikan, yang memudahkan para pelajar itu untuk menuntut ilmu.

HUMOR: PINDANG DAGING
Seorang pelanggan berteriak: "Mbak, kemari sebentar!" Pelayan: "Ya, ada yang bisa saya bantu, Pak?" Pelanggan dengan marah bertanya: "Semangkok pindang, daging ini harganya 30 ribu, tapi dagingnya kok cuma sepotong saja?" Pelayan: "Pak, maksud Bapak seharusnya ada bcrapa potong?" Setelah berpikir sebentar, pelanggan itu berkata: "Sedikitnya harus ada atau 6 potong, dong." Pclayan segera berteriak ke arah dapur resto: "Pak Chef, tolong segera kemari, bantulah mengiris daging sapi Bapak ini menjadi 5 atau 6 potong."

Belum ada Komentar untuk "Sikap Terhadap Orang Miskin Dan Orang Kaya - Pendalaman Alkitab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel